Rabu, 02 Agustus 2017

Menilik Jenis Usaha Sampingan Berkebun


Jenisusaha sampingan yang menguntungkan akan dapat membantu kebutuhan financial keluarga. Seperti kita tahu semua kebutuhan sekarang ini sangat beragam dan mahal. Bukan hanya kebutuhan primer, dengan kemajuan zaman kebutuhan untuk gaya hidup juga sangat diperlukan demi menunjang penampilan. Untuk sebagian orang penampilan yang selalu up to date juga salah satu kebutuhan. Selalu mengikuti perkembangan dunia fashion yang ada. Jadi memang diperlukan tambahan uang yang dapat memenuhi semua keperluan tersebut.


Apalagi bagi Anda yang sudah berkeluarga, mungkin kebutuhan akan gaya hidup sudah bukan lagi yang utama. Karena dengan adanya anak pembiayaan semua perihal anak sudah menjadi yang utama bukan lagi diri sendiri. Ini sangat diperlukan adanya pemikiran mengenai pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan waktu. Berwirausaha salah satu cara untuk melakukan usaha sampingan. Padahal kenyataannya Anda belum mempunyai modal untuk melakukannya.

Usaha dalam bidang perkebunan dapat menjadi pilihan, apalagi rumah Anda mempunyai sedikit lahan kosong untuk dapat di manfaatkan dan menghasilkan uang tambahan. Banyak sekali jenis macam usaha perkebunan, antara lain:

  1. Menanam sayur.
Banyak sekali macam cara untuk memanfaatkan lahan kosong salah satunya dengan menanam sayur atau buah. Berbagai jenis sayuran dapat di tanam, apalagi dengan jenis penanaman yang saat ini sangat berkembang dan berbagai macam. Salah satunya dengan cara hidroponik, ini tidak memerlukan lahan yang sangat luas. Hasil sayuran organic ini tentunya sangat diminati banyak masyarakat. Dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Karena memang tanaman jenis organic dipercaya akan lebih sehat untuk di buat sayuran dan berbagai macam minuman. Selain dapat dikonsumsi sendiri sebagai olahan makanan, tanaman tersebut tentunya dapat di jual untuk mendapatkan keuntungan. ini adalah salah satu jenis usaha sampingan dalam bidang perkebunan.


  1. Menjual bibit.
Pemanfaatan lahan kosong selanjutnya yaitu dengan menjual bibit tanaman. Ini dapat menjadi prospek bagus karena masih banyak masyarakat yang memang memerlukan bibit dengan kualitas bagus. Entah itu dalam bisnis segmen kecil, sedang atau besar jika kualitas bibit dapat dibuktikan pasti akan laku keras. Gunakan cara promosi yang memang dapat menarik banyak orang.

  1. Budidaya tanaman hias.
Beberapa waktu belakangan ini tanaman hias memang mengalami penurunan dalam pasar. Tetapi mengenai hal tersebut tidak usah khawatir. Dalam waktu kedepan tetap masih akan banyak orang yang membutuhkan berbagai jenis tanaman hias untuk rumah idaman mereka. Apalagi dengan semakin sedikit tanaman-tanaman yang dapat menghasilkan udara segar di perkotaan. Jadi tanaman hias akan tetap jadi salah satu solusinya. Memang perlu ketelatenan sendiri untuk merawat tanaman hias. Kalau masih dalam jumlah sedikit ini bisa menjadi kerja sampingan tapi kalau memang sudah banyak tanaman yang ada itu berarti Anda perlu mencari tenaga untuk merawatnya.

Ketiga jenis usaha sampingan dalam bidang perkebunan diatas dapat dijadikan inspirasi atau ide pemanfaatan lading kosong yang ada di rumah Anda. jika memang di lakukan dengan sungguh-sungguh pastinya akan menghasilkan uang. Semuanya tergantung dari kemauan dan usaha seseorang. Sebuah bisnis akan berjalan lancar jika memang ada ketekadan yang kuat untuk memulainya. Semua perlu waktu dan hasilnya tidak akan bisa terlihat secara langsung. Ibarat menanam pagi semua melalui proses sampai akhirnya akan menuai hasilnya di musim panen. Terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar