Selasa, 14 Februari 2017

Penyebab dan Solusi Utang Indonesia

Utang Indonesia Penyebab Turunnya Ekonomi

Saat ini keadaan ekonomi Indonesia sedang tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah utang Indonesia kepada pihak asing yang terus meningkat. Semua masyarakat juga tahu jika hutang ini bertujuan untuk memperlancar ekonomi yang ada di dalam negeri. Selain itu hutang yang diajukan oleh pemerintah juga bertujuan untuk mensejahterakan rakyat. Sebagai individu yang berbangsa dan bernegara tentu saja rakyat juga ingin mengetahui seluk beluk hutang negara. Jika ingin lebih tahu mengenai hal tersebut lebih baik membaca info sekilas di bawah ini.


Penyebab munculnya hutang pemerintah kepada luar negeri ada banyak. Antara lain:

·       Perputaran defisit
Faktor pertama yang menyebabkan hutang negara meningkat adalah perputaran defisit. Lancar atau tidaknya perputaran defisit ini ditentukan oleh banyak faktor. Misalnya arus perdagangan, ekspor dan impor, kenaikan dan penurunan mata uang asing, serta masih banyak lagi.
·       Keinginan investasi terus meningkat
Tak dipungkiri lagi jika investasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan. Akan tetapi jika investasi yang diajukan teralu banyak justru akan menimbulkan hutang negara ke luar negeri. Hal ini bisa saja terjadi karena apabila permintaan investasi masyarakat naik maka pinjaman ke bank akan ikut meningkat. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan rakyat negera akan meminjam sejumlah dana ke luar negeri
·       Inflasi
Dalam sistem perekonomian tentu saja tak asing dengan istilah inflasi. Inflasi adalah terus meningkatnya harga jual barang secara terus menerus. Sehingga wajar saja jika laju inflasi juga ikut menentukan banyak sedikitnya hutang negara ke luar negeri.

Itulah faktor-faktor yang sering mempengaruhi banyak sedikitnya hutang negara ke luar negeri. Memang penyebabnya terlihat sederhana. Akan tetapi penyebab tersebut bisa membuat hutang negara terus meningkat. Secara garis besar hutang negara bisa membengkak karena terus meningkatnya keinginan investasi disaat waktu yang kurang tepat. Selain itu nilai tukar rupiah yang tak stabil juga bisa mempengaruhinya.

Untuk mengurangi hutang-hutang negara sebenarnya ada banyak cara. Antara lain:

·       Memberikan pajak cukai yang cukup tinggi terhadap barang-barang impor.
·       Mengkampanyekan cinta produk dalam negeri kepada masyarakat luas.
·       Memberikan modal dan penyuluhan terhadap pengusaha kecil dan menengah.
·       Memanfaatkan sumber daya alam negara secara maksimal.
·    
     Selain cara-cara diatas ada lagi cara untuk mengurangi hutang-hutang negara ke luar negeri yakni dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Meningkatkan SDM bisa dilakukan dengan cara memperbaiki pendidikan yang ada, memberikan bantuan kesejahteraan dan memberikan kursus atau ketrampilan kepada masyarakat.Bila sumber daya manusia sudah memiliki kualitas maka pengelolaan sumber daya alam negara juga semakin maksimal. Sehingga perekonomian akan lebih baik dan utang Indonesia kepada luar negeri juga bisa berkurang signifikan. Demikianlah informasi ini dan semoga bisa menambah pengetahuan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar