Senin, 25 Juni 2018

Cara Mengurus Stnk Hilang Kendaraan Bermotor Yang Masih Kredit


STNK kendaraan bermotor merupakan surat atau dokumen berharga. STNK adalah bukti atas pendaftaran/pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan kepemilikan. Pada STNK terdapat data penting, meliputi identitas kepemilikan (nama dan alamat pemilik kendaraan motor, serta nomor polisi kendaraan) dan identitas dari kendaraan motor itu sendiri (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, dan sebagainya). Jadi kita harus menjaga STNK kendaraan motor, mengingat betapa berharganya surat/dokumen tersebut.


Ternyata STNK kendaraan bermotor anda hilang dan masih kredit, pastinya anda akan merasa pusing tujuh keliling. Akan tetapi anda jangan panik dan pusing lagi, pasalnya anda tetap bisa mengurus STNK hilang tersebut walau BPKP masih di tempat pengkreditan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Cara Mengurus STNK Hilang Motor Kredit

1.    Menyiapkan berkas administrasi
Siapkan semua berkas administrasi seperti mengurus kendaraan bermotor yang sudah lunas.
2.    Selanjutnya minta fotokopi BPKP dan surat pengantar dari dealer karena status kendaraan bermotor anda masih kredit.
3.    Siapkan KTP pemilik kendaraan motor yang hilang tersebut asli dan fotokopi.
4.    Buat surat kehilangan ke kepolisian, bisa datang ke Polsek/Polres setempat. Surat kehilangan dari kepolisian tidak dipungut biaya pembuatan alias gratis.
5.    Legalisir fotokopi BPKB dari dealer di kepolisian. Saat legalisir tersebut, hendaknya juga membawa KTP asli dan fotokopi yang namanya tertera di BPKB.
6.    Datanglah ke SAMSAT untuk melakukan pembuatan STNK yang hilang.
Pembuatan STNK yang hilang di SAMSAT harus melalui beberapa tahapan:

-          Cek fisik kendaran bermotor bisa motor atau mobil, sekaligus gesek nomor rangka dan mesin.
-          Berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran, kamu bisa dapatkan formulir pendaftaran ini diloket pendaftaran. Isi dan kemudian serahkan formulir tersebut beserta berkas administrasi lainnya ke bagian STNK hilang.
-          Berikutnya urus surat keterangan hilang dari SAMSAT.
-          Surat keterangan hilang dari SAMSAT dan berkas kelengkapan lainnya dibawa dan diserahkan ke loket pembuatan STNK baru
-          Setelah itu jangan lupa untuk membayar pajak kendaraan  beserta biaya pembuatan STNK baru sesuai dengan yang tertera di slip pembayaran setoran pajak yang didapat dari loket pembuatan STNK baru. Jika sudah membayar, maka bebas biaya pajak kendaraan bermotor.
-          Selanjutnya menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke loket pengambilan STNK baru.
-          Tunggu panggilan untuk mengambil STNK baru sebagai pengganti STNK lama yang hilang dengan sabar.
-          Akhirnya anda sudah memiliki STNK baru sebagai pengganti STNK lama.

Tips menyimpan STNK kendaraan motor agar tidak mudah hilang atau terjatuh di suatu tempat. Adapun tipsnya adalah:

1.   STNK kendaraan bermotor selalu ditaruh di dalam dompet. Usahakan dompet milik anda memiliki resleting.
2.   Bisa juga menyimpan STNK kendaraan bermotor di dompet khusus STNK yang biasanya dijadikan gantungan kunci.
3.  Pastikan anda selalu menyimpan pada tempat yang sama. Dikhawatirkan jika menyimpan di sembarang tempat/tempat yang berbeda-beda, anda akan kesusahan mencari dan kalau hilang lebih susah ditelusuri.
4.  Jangan menaruhnya di dalam jok kendaraan bermotor. Takutnya akan ikut terbawa saat mengambil barang-barang yang ada di jok kendaraan bermotor milikmu.
5.  Selalu berpesan kepada orang yang meminjam kendaraan bermotor anda agar selalu menyimpan STNKnya dengan baik dan benar.

Nah itulah cara mengurus STNK hilang motor kredit beserta dokumen apa saja yang harus kamu siapkan. Mudah kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar